Home Apparel,

Mengenal Bahan Sifon/Chiffon

20.38.00 Silent Inc 0 Comments

Jenis kain ini banyak dibuat untuk busana muslim dan kerudung,  terbuat dari bahan dasar kapas, sutra dan serat sintetis.  Jenis bahan ini memiliki sifat tipis, ringan menerawang, licin dan terasa panas dibadan. Jenis bahan ini akan tampak lebih elegant jika dipadukan dengan bahan lainnya.


Menurut beberapa sumber, kain sifon sudah terkenal sejak abad ke 19. Dalam perjalanannya, kain ini terus bertahan da mengalami banyak sekali perkembangan, ini terlihat dari bahan dan juga motif yang semakin beragam. Bahkan hingga sekarang, kain ini tetap menjadi salah satu kain yang cukup populer. 


Kata sifon sebenarnya berasal dari bahasa Perancis yaitu Chiffo, yang merujuk pada cloth or rag, yang berarti kain lap
Kain sifon adalah kain yang di tenun menggunakan metoda balanced plain weave, dengan pola criss cross sehingga akan memiliki tampilan seperti kotak-kotak. Balanced plain weave kurang lebih berarti, pembentuk kain pakan dan lusi memiliki strukture seperti berat dan jumlah yang sama setian incinya (tetal). 

Plain weave adalah model tenunan yang paling sederhana, bahkan juga diketahui sebagai model yang paling tua. 
Dalam dunia fashion, kain sifon dapat digunakan untuk membuat berbagai macam busana, seperti gaun pengantin, blouse, rok, piyama, gamis, kerudung, syal, bahkan digunakan juga membuat pakaian sari khas india yang indah.


Sumber